Senin, 13 April 2015

CYPERACEAE

BANGSA CYPERACEAE



Bangsa cyperaceae berkelamin tunggal, kecil, dan tidak menarik. Tiap bunga terdapat dalam ketiak daun pelindung  yang pada suku ini di sebut palea in-ferior kelopak telah berubahmenjadi badan yang di sebut palea superior, terdiri atas 2 daun kelopak yang belekatan, berhadapan dengan palea inferior, mahkota terdiri atas 2 daun  mahkota(jarang 3), yang telah berubah menjadi badan seperti sisik kecil dan dapat membengkak dan di namakan “lodicula” benang sari 1- 6.

Jarang lebih, biasanya 3 tangaki sari halus , kepala sari beruang , biasanya membuka dengan celah membujur.bunga demkian itu di sebut  bunga semu (“floret”) yang terpisah-pisah atau bersama dengan floret lain, tersusun dalam 2 baris pada sesuatuangkai  membentuk  suatu bulir kecil yang pada pangkalnya mempunyai dua daun pelindung  tana bunga dalam ketiaknya yang di sebut ‘’gluma’’.

 Satu froret atau lebih dengan gluma membentuk suatu bulir kecil ,yan tangkai dalam bunga mejemuk berganda dengan berbagai ragam susnan, mulai, tandan, atau bulir. Dalam setiap floret  bakal  buahnya menumpang, beruang 1 dengan bakal biji anatrop yang seringkali menempel pada sisi daun buah yag menghadap sumbu. Tangkai putik biasanya 2, jarang hanya 1 atau 3. .Kepala putik seperti bulu. Buah biasanya buah padi (‘’caryopsis”), yaitu buah dengan 1 biji yang biji nya berlekatan  dengan kulit buah  jarang merupakan buah  buni atau buah keras. Biji dengan endosperma, lembaga terdapat pada sisi yang jauh dari sumbuh.

Suku ini merupakan suku terbesar  (bila terlihat dari jumlah jenis tumbuhan yang menjadi warganya ), meliputi lebih dari 4.000 jenis, terbagi dalam lebih dari 400 marga, distribusinya meliputi seluruh dunia.

Contoh – contoh :
Andropogan : A. Nardus (sereh) , penghasil minyak sereh,A.zizanioides (narwastu, akar wangi), A.(sorghum (cantel), bahan makan, A. Aciculatus (rumput jarum), A. Caricosus (rumput  lamuran), A. Martini ,penghangsil minyak palmarosa.

Axonopus: A.cimicinus.
Saccharum :S. Officinarum (tebu), S.spontaneum (glagah), S.edule (tebu trubuk).

Bambusa :B.spinosa (bambu duri), B vulgaris (bambu wulung),B. Multiplex (bambu cndani). Gigantochloa :G.apus bambu tali) G. Hasskarliana, G.Verticillata. 

Arguens.
Zea :zea mays (jagung).
Coix : C. Lacryma-jobi(harijeli)
Imperata : I.cylindrica (lalang).
Stipa:S.leptostachya, S. Hystricina , S. Tenacissima(rumput esparto).          




Tidak ada komentar:

Posting Komentar